SDM TI

Monday, November 12, 2007

Sdm Dari Spesialis Ke Versatilis

(romi wahono, blog romisatriawahono)

Pesan Untuk Para Generasi Muda Sdm Ti Indonesia

  1. Sistemoperasi ,bahasa pemograman software dan teknologi, hanyalah sebuah alat yang harus kita kuasai dan digunakan untuk memecahkan masalah dan membangun solusi, sifatnya tidak kekal bukan agama yang harus di anut dan difanatikkan seumur hidup. Ketergantungan terhadap sebuah tool adalah sustu kebodohan. Debat kusir tentang tool dan saling mengumpat atau membela mati-matian sebuah tool adalah tindakan sia-sia karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

  2. Setiap peluang memiliki nilai untuk dan rugi, setiap keputusan yang diambil dalam hidup harus memperhitungkan opportunity cost yang harus dibayar cerdas dalam mengambil peluang yang ada dan diusahakan.

  3. Ambil kesempatan kerja paruh atau penuh waktu sebagai proses pembelajaran dan melatih diri secara riil.

  4. Latihlah kemampuan verbal. Diantara kesibukan berkomunikasi dengan mesin (komputer) tetaplah berlatih teknik dan strategi berkomunikasi dengan manusia. Berlatih menyampaikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita kuasai dengan bahasa yang sederhana dan dapat di pahami secara mudah oleh orang awam.

  5. Bangun jaringan (networking), dan kerja sama dengan berbagai pihak. Setiap pertemuan dengan orang lain, siapapun orangnya akan membawa manfaat bagi kita

perlahan tapi pasti dengan modal pengalaman, skill, kompetensi dan sertifikasi spesialis yang kita miliki kita bisa menjelma sebagai seorang versatilis.

AddThis Social Bookmark Button
Email this post

0 komentar: to “ SDM TI

Design by Amanda @ Blogger Buster